Pilih Danau Toba dalam 7 Keajaiban Dunia…..

Pilih Danau Toba dalam 7 keajaiban dunia….

View Danau Toba dari sebuah hotel….

Kolam renang sebuah hotel yang berada di puncak bukit Danau Toba.. Indah….

Danau Toba dari Sumatera Utara kembali masuk nominasi 7 keajaiban dunia yang di gelar The New 7 Wonders Foundation, bersama dengan Taman Nasional Komodo di pulau Komodo Nusa Tenggara Timur dan gunung Krakatau di Provinsi Banten ketiga tempat wisata yang terkenal di Indonesia bersaing dengan 77 nominator untuk berpeluang menjadi 7 keajaiban alam dunia yang baru.

Pemilihan 7 Keajaiban Dunia ini dilakukan secara online. Hingga saat ini,  pemilihan masih terus dilakukan melalui website: http://www.new7wonders.com berakhir pada akhir 2008.

Panitia akan mengumumkan 21 besar dari 77 nominator pada Januari 2009. Nominator yang masuk 21 besar akan dilakukan pemilihan lagi sampai akhirnya ditentukan 7 keajaiban alam yang mendapat suara paling banyak.

Danau Toba yang berasal dari letusan gunung berapi sekitar 7500 tahun yang lalu menghasilkan sebuah danau yang panjangnya sekitar 100 Km dan lebar 30 Km dengan kedalaman mencapai 450 meter dan di tengahnya ada Pulau Samosir.

Menurut Bill Rose dan Crag Chesner, peneliti dari Michigan Technological University, Danau Toba merupakan letusan Supervolcano yang paling baru. Mereka memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800 Km3, dengan 800 Km3 batuan ignimbrit dan 2000 km3 abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusan terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 Km di atas permukaan laut. Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkan soal itu.

Untuk ikut berpartisipasi pemilihan 7 keajaiban dunia, kita harus menjadi member terlebih dahulu dengan mengisi form. Setelah mengisi form yang terdiri antara lain nama dan alamat email, pemilih diberi kesempatan memilih 7 dari 77 nominator tersebut. Pemilih diharuskan melakukan verifikasi yang dikirimkan penyelenggara ke email pemilih.

Option pertama, pemilihan didasarkan pada benua. Setelah itu pemilih kemudian menentukan tempat wisata / alam yang diinginkan. 77 Nominator ini dibagi dalam 6 benua, yaitu: Afrika, Asia, Eropa, Oceania, Amerika Utara dan Amerika Selatan.

Dari Asia, ada sejumlah tempat wisata di Asia Tenggara yang dinominasikan. Selain Indonesia, tempat-tempat wisata dari Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand juga masuk nominasi. Bahkan, pulau Sipadan yang kini dimiliki Malaysia – dulu sempat milik Indonesia – juga masuk Nominasi.

Mari kita ikut memilih bagian yang terbaik buat negara kita Indonesia….😉

3 Tanggapan

  1. teman-teman, saya setuju jika kita satukan pilihan pada satu tempat saja di Indonesia agar dapat masuk dalam 7 keajaiban dunia.
    danau toba juga boleh

  2. Really Interesting, Inspiring Work

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: